Karakteristik Kepemimpinan Yosua


Arti nama Yosua adalah penyelamat atau pembebas, sama dengan arti nama Tuhan Yesus Kristus. Musa mengajarkan Yosua untuk memimpin, untuk taat, dan untuk selalu memiliki iman di dalam Tuhan. Ada beberapa kualitas yang dapat kita temukan di dalam diri Yosua yang dapat kita contoh:
Yosua adalah pria yang berkharisma di medan perang
Yosua adalah pria yang memiliki ambisi, tetapi memberikan penundukan total kepada otoritas yang lebih tinggi. Ia memimpin pasukan itu kepada Tuhan. Dengan penuh tanggung jawab Yosua mengetahui dengan tepat apa yang diinginkan Tuhan pada waktu yang tepat.
Yosua Berpegang Pada Pewahyuan dari Allah karena ia tidak dapat mengetahui masa depan, tetapi ia dapat berbicara melalui apa yang difirmankan Tuhan kepadanya.
Yosua Mengandalkan Kuasa doa, Tulang belakang dari setiap pekerjaan adalah doa. Dengan kuasa doa, Yosua dapat memanifestasikan kuasa Tuhan.
Yosua memiliki kesukaan di dalam hadirat Tuhan "Kepemimpinan rohani yang sejati lahir dari perenungan dan kebutuhan untuk berada dekat kepada Tuhan." Yosua tidak ingin meninggalkan hadirat Tuhan!
Iman adalah dasar dari kepemimpinan Yosua Ini adalah dasar yang Yosua dan Kaleb gambarkan kepada Musa.

Insight:
  • Walaupun mendapat kritik dari gereja, sebagai seorang pemimpin kita perlu fokus pada apa yang Tuhan inginkan bagi kita. Tekanan dapat menghancurkan seorang pemimpin yang tidak berhati-hati dengan firman Tuhan. "Pemimpin rohani tidak selalu harus sejalan dengan opini mayoritas."
  • Kenyataan dari kepemimpinan adalah bahwa Tuhan benar-benar tidak membutuhkan keahlian atau talenta kepemimpinan kita. Kita dapat menjadi seorang pemimpin yang besar ketika kita menyadari bahwa kita dapat dituntun.
  • Kita bukan yang terbaik dari yang terbaik tetapi yang lebih penting adalah kita dapat melakukan apa yang Tuhan inginkan. Kita membutuhkan disiplin rohani di dalam hidup kita, supaya Tuhan dapat memanggil kita untuk menjadi pemimpin yang Ia inginkan.

Comments

Popular Posts