Siapa yang pantas?

Yakobus 4:11-17, ayat pokok 4:12
Hanya ada satu Pembuat hukum dan Hakim, yaitu Dia yang berkuasa menyelamatkan dan membinasakan. Tetapi siapakah engkau, sehingga engkau mau menghakimi sesamamu manusia?

First People, jika kita bersalah pada negara dan dihukum, itu merupakan ketentuan yang telah dibuat karena kita bernaung dalam sebuah negara yang memiliki hukum. Namun dalam kehidupan bergamapun, kita mencoba untuk mempraktekannya seperti yang terdapat pada dunia ini. Kita seringkali berusaha untuk menjadi hakim disaat kita melihat seseorang jatuh dalam dosa. Kita menghakimi dia dan ahirnya orang tersebut merasa tidak pantas untuk datang kepada Tuhan.
Pada firman hari ini, kita diajarkan bahwa sang pembuat hukum adalah Tuhan dan yang pantas untuk menghakimi adalah Dia sendiri, bukan kita yang hina ini. Yesus sendiri berkata bahwa Ia datang untuk orang yang berdosa bukan untuk orang yang merasa dirinya baik. Pantaskah kita menghakimi orang lain. Pantaskah seorang yang dulu juga berdosa mau menghakimi orang lain? Renungkanlah dan sadarilah bahwa tidak seorangpun yang pantas untuk menghakimi orang lain. Mari kita mau belajar untuk mengasihi orang yang berdosa kepada kita dan kita mau merangkulnya bukan kita menghakimi dia.

Refleksi: Kasihilah orang yang telah menyakitimu.

By Yosua L

Comments

Popular Posts