Bermegahlah - By Ps. Sammy Lapudooh

Bermegahlah
(Roma 5:1-11)

Ada banyak hal yang bisa menjadi kebanggaan seseorang dalam hidupnya. Di dunia ini orang bermegah karena apa yang dimilikinya, entah itu kekayaan, kekuasaan, ataupun ketenarannya. Hal-hal yang dianggap sebagai kebangaan itu kemudian menjadi incaran atau idaman orang. Kita bisa melihat orang rela melakukan apa saja demi mendapatkan sesuatu yang bisa dibanggakannya.

Sebagai orang-orang yang percaya kepada Kristus, apakah yang menjadi kebangaan, atau kemegahan kita? Demikian juga, sebagai gereja Kristus, apakah yang menjadi kebanggaan atau kemegahan kita? Apakah kita juga bermegah dengan apa yang diidam-idamkan oleh orang-orang yang tidak percaya? Rasul Paulus menulis kepada jemaat di Roma dan mengajarkan kita kebenaran yang indah di Roma 5 ini.

Dua hal yang menjadi kemegahan kita sebagai orang percaya, yaitu (1) kita dibenarkan karena iman sehingga kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah, dan (2) dalam kasih karunia, kita memegang pengharapan akan kemuliaan dalam kekekalan. Damai sejahtera dengan Allah adalah kemegahan yang tiada taranya, karena dengan kekuatan kita sendiri kita tidak dapat berdamai dengan Allah. Dosa-dosa yang kita perbuat setiap hari, tidak dapat ditutupi dengan perbuatan amal kita. Akan tetapi dalam iman kepada Kristus, kita didamaikan dengan Allah, sang Khalik semesta langit.

Kemegahan yang kedua adalah kemegahan yang lebih dahsyat lagi. Di dalam kasih karunia Allah, kita tidak lagi takut akan kekekalan, karena kehidupan kekal bagi kita adalah kehidupan dalam kemuliaan bersama dengan Allah, yang adalah Bapa yang mengasihi kita.

Inilah kemegahan anda dan saya di dalam Kristus, karena itu jangan tertipu dengan kemegahan semu dunia ini, tetapi bermegahlah karena Kristus! Haleluya! 

Comments

Popular Posts