Sehati Sepikir - By Ps. Sammy Lapudooh

Sehati Sepikir
Roma 12:9-16, Filipi 2:2-8
Sehati Sepikir, atau dalam bahasa Inggrisnya: be of the same mind, adalah sebuah ungkapan yang sangat indah. Ungkapan ini menyiratkan sebuah kualitas prima dalam suatu hubungan. Dua orang atau lebih yang sehati sepikir dapat menghasilkan karya-karya yang dahsyat dan luar biasa. Contoh yang paling populer datang dari lapangan hijau. Di pentas sepakbola dunia, kita dibuat berdecak kagum oleh permainan tim sepakbola Spanyol dan klub Barcelona FC. Permainan mereka begitu mengagumkan karena mempertontonkan kerja sama dan kekompakan yang luar biasa. Gelar terbaik di pentas sepakbola dunia pun ada dalam genggaman mereka.

Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma dan di Filipi, mendorong agar orang Kristen dalam hidup bersama juga memiliki kualitas sehati sepikir ini. Sehati sepikir berarti sepakat dengan tulus untuk suatu tujuan dan prinsip. Sebagai pengikut Kristus, tujuan dan prinsip kita adalah Kristus. Oleh karena itu di Filipi 2:5 Paulus menulis, “Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus.
Sehati sepikir bagi kita adalah memiliki pikiran dan perasaan Kristus, dan pikiran dan perasaan Kristus dengan jelas bisa kita baca di Filipi 2:6-8 dan di Roma 12:9-16. Pikiran dan perasaan Kristus pada dasarnya adalah menyadari jati diri di hadapan Allah, menyadari panggilan yang diberikan oleh Allah, dan siap sedia untuk dengan taat dan setia memberikan hidup bagi panggilan itu. Kristus Yesus adalah Anak Allah, namun Dia tahu betul panggilan/misi-Nya di dunia ini, dan demi misi itu dia taat dan setia bahkan sampai mati di kayu salib.


Apakah Anda rindu hidup Anda, dan gereja kita menghasilkan karya yang dahsyat, yang membuat orang berdecak kagum? Jika ya, mari mulai dengan sehati sepikir, dengan pikiran dan perasaan Kristus.

Comments

Popular Posts