Renungan Minggu "One Thing"

"One Thing"

Mazmur 27:1-6
BY: Ps Sammy Lapudooh, M.Th
 
Jika Anda boleh meminta satu hal saja kepada Tuhan, dan Tuhan pasti akan mengabulkannya, apakah yang akan Anda minta? Setiap orang kemungkinan besar akan memberikan jawaban yang berbeda-beda. Dan setiap orang juga pasti punya alasan yang kuat untuk jawabannya masing-masing. Alasan-alasan itu kemungkinan besar akan berkaitan dengan pergumulan dan permasalahan yang dihadapi dalam hidup masing-masing orang.

Dalam Mazmur yang kita baca hari ini kita menemukan Daud yang mengatakan “Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya” (Mzm 27:4). Satu hal yang Daud minta adalah diam di rumah TUHAN seumur hidupnya. Alasannya meminta satu hal itu adalah karena dia ingin menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati rumah TUHAN. Orang seperti apakah Daud ini sehingga bisa mengajukan permintaan seperti ini? Daud adalah Raja Israel, karena itu kita mungkin bisa beranggapan bahwa dia tidak mempunyai banyak masalah seperti kita sehingga bisa meminta demikian. Dia kemungkinan tidak kesulitan keuangan, atau mengalami masalah sakit-penyakit, apalagi galau soal pasangan hidup. Akan tetapi, benarkah kehidupan Daud bebas dari masalah?

Kalau kita menelusuri kisah hidup Daud di dalam Alkitab, kita akan menemukan bahwa kehidupan Daud penuh dengan lika-liku persoalan. Yang menarik, persoalan-persoalan yang dialami Daud justru terjadi sejak dia diurapi oleh nabi Samuel sebagai Raja atas Israel. Justru ketika TUHAN hadir dalam hidup Daud, Daud mengalami banyak persoalan dan pergumulan. Daud bahkan pernah kompromi dan jatuh ke dalam dosa juga. Mengapa satu hal yang Daud minta dari TUHAN bukan agar dia dilepaskan dari semua persoalannya atau dimatikan semua keinginan dagingnya?

Daud adalah seorang bergaul karib dengan TUHAN. Pujian penyembahan dan doa adalah gaya hidupnya. Oleh karena itu, Daud kenal betul siapa TUHAN, dan Daud juga menyadari sepenuhnya siapa dirinya di hadapan TUHAN. Manusia tidak bisa lepas dari persoalan selama hidup di dunia yang fana ini. Manusia juga tidak bisa luput dari kesalahan, dosa, dan kejatuhan. Oleh karena itu, satu hal yang paling dibutuhkan manusia adalah bersama dengan TUHAN, “Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya” (Keluaran 34:6). Bagaimana, apakah satu hal (one thing) yang Anda ingin minta dari TUHAN hari ini?’

Comments

  1. I PRAY THAT A LOT OF CHRISTIANS WILL REALIZE THE MOST IMPORTANT THING IN THEIR LIFE N SEEK 'ONE THING' EAGERLY !
    GOD bless you Rev.Sammy ! Keep writing n sharing the kindness of our Lord !

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts