Renungan Sudah Kuserahkan ke Tanganmu

Sudah Kuserahkan ke Tanganmu
by: Ps. Debbie Palalung

Yosua 6:1-5
Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Ketahuilah, Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini beserta rajanya dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa. (6:2)

Dalam menghadapi pasukan Israel yang telah membuat penduduk Yeriko ketakutan, kota Yeriko mengambil strategi bertahan. Kota itu menutup rapat-rapat gerbang kota mereka. Padahal tembok pertahanan kota mereka berlapis dan sangat susah ditembus. Jadi jika mereka memutuskan untuk bertahan, akan sangat sulit bagi bangsa Israel untuk masuk dan mengalahkan kota itu.

Dalam kondisi ini, Tuhan yang datang kepada Yosua sebagai Panglima perang, memberikan suatu strategi perang yang di luar akal manusia untuk menghadapi Yeriko. Yosua dan pasukan Israel haruslah mengelilingi kota itu setiap hari selama 6 hari. Di hari ke tujuh, mereka harus mengelilinginya sebanyak tujuh kali dan di kali ke tujuh sangkakala dibunyikan, mereka bersorak dan tembok itu akan runtuh. Strategi perang yang baru pertama kali mereka dengar. Namun TUHAN berkata bahwa kota itu beserta raja dan pahlawan-pahlawannya yang perkasa telah diserahkan kepada mereka. TUHAN sendirilah yang menjamin kemenangan mereka ini.

Jika TUHAN sang panglima perang dan penentu kemenangan yang mengatakan hal ini, apalagi yang perlu kita ragukan meskipun cara yang ditunjukkan-Nya seringkali di luar akal pikiran kita? Percayalah pada janji-Nya ini, dan ikuti saja cara-Nya, karena kemenangan itu ada di tangan Tuhan.

Tuhanlah yang menjamin kemenangan dalam setiap peperangan kita.

Comments

Popular Posts