RENUNGAN SEGALA KUASA ADA DI DALAM TUHAN

SEGALA KUASA ADA DI DALAM TUHAN

Mazmur 74:10-17

Ketika kita menghadapi tantangan, adalah penting bagi kita untuk selalu mengingat kuasa TUHAN. Pemazmur menghadapi banyak musuh yang menista nama TUHAN, namun pemazmur mengakui kuasa TUHAN, pertama-tama atas hidupnya, dan juga atas segala makhluk ciptaan.

Dalam kebudayaan Timur Tengah di masa itu, makhluk ciptaan dipandang sebagai kemenangan para dewa terhadap kuasa roh-roh jahat yg mengacaukan dan menghancurkan. Roh-roh jahat itu sering digambarkan sebagai lautan yg bergelora dan monster, dan kadang disebut Lewiatan (ay 14). Matahari dan bulan disembah sebagai dewa. Akan tetapi dalam Mazmur ini, pemazmur menyatakan bahwa TUHANlah yg menciptakan dan menetapkan batas bumi. TUHANlah yg menjadikan semuanya tertata dengan rapi dan yang menciptakan matahari dan bulan.

Dalam hubungan kita dengan TUHAN, selalu ada godaan untuk menjadikan sesuatu yg lain lebih penting daripada TUHAN. Penyembahan kepada 'illah' lain adalah penyebab kejatuhan umat TUHAN di Perjanjian Lama. Pemazmur hari ini mengingatkan kita untuk selalu percaya kepada kuasa TUHAN dan tidak berpaling ataupun bersandar pada sesuatu yang lain.

Tuhan, terima kasih karena Engkaulah TUHAN satu-satunya, yang memberikan keselamatan bagiku. Tolong aku untuk menolak semua godaan untuk tidak menjadikan Engkau yang terutama dalam hidupku.

Comments

Popular Posts