RENUNGAN HARIAN JANGAN TERJEBAK PADA MASA LALU

JANGAN TERJEBAK PADA MASA LALU

Mazmur 108:7-14

Tidak ada yang membantunya untuk menjadi pengacara atau politisi. Dia juga tidak berminat menjadi tentara ataupun dokter. Hanya ada satu karir yang memungkinkan bagi orang dengan latar belakang seperti dia di masa itu, yaitu menjadi seorang pendeta di Gereja Anglikan di Inggris.

Dia mencoba untuk membuat dirinya layak bagi TUHAN dengan melakukan semua hukum, secara rohani maupun jasmani. Dia bangun pagi-pagi. Dia berdoa. Dia menyangkal diri. Dia berusaha mendapat pengampunan dan damai sejahtera dengan terus berusaha memperbaiki diri. Namun, dia merana karena tekanan kuk yang berat.

Pada 24 Mei 1738, jam 20.45, dia mendengar seseorang membaca buku karya Martin Luther. Dia bersaksi, "ketika orang itu membaca bagian bagaimana TUHAN bekerja di hati melalui iman kepada Kristus, entah kenapa hatiku merasa hangat. Aku percaya kepada Kristus, dan hanya Kristus yang menyelamatkan; sebuah jaminan diberikan kepadaku, bahwa dosaku telah diambilnya, dan Kristus menyelamatkanku dari hukum dosa dan maut."

Itulah kisah John Wesley. Seorang pengkotbah besar dalam sejarah. Dia telah berkotbah lebih dari 40.000 kali tentang kemerdekaan karena iman kepada Yesus Kristus. Dia mengatakan bahwa dia "menukar iman seorang hamba dengan iman seorang anak".

Kehidupan Kristen adalah hidup yang merdeka. Anda juga sudah merdeka. Jangan mau terjebak dalam kenangan kelam masa lalu Anda lagi.

Raja Daud tahu betul bahwa TUHAN mengasihi dirinya, dan dia berdoa agar TUHAN menolong dan memyelamatkan dia. Supaya terluput orang-orang yang Kaucintai, selamatkanlah dengan tangan kanan-Mu dan jawablah aku! (108:7)

Dalam keadaan apapun, ingatlah bahwa kita sudah merdeka, dan  berdoalah seperti Daud, Berikanlah kepada kami pertolongan terhadap lawan, sebab sia-sia penyelamatan dari manusia.  Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Ia sendiri akan menginjak-injak para lawan kita. (108:13‭-‬14)

Terima kasih Tuhan, untuk kasih, pertolongan, dan kemerdekaan yang Engkau berikan bagiku

#PsSammy

Comments

Popular Posts