Renungan Spirit Pentakosta

SPIRIT PENTAKOSTA
BY: Yosua Lapudooh
Bacaan: Kisah Para Rasul 2:1 - 47
Ayat Pokok: 2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lainseperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. 

Firman hari ini menceritakan mengenai Pentakosta. Dimana saat setiap orang berkumpul di Yerusalem. tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin yang keras yang memenuhi seluruh rumah dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api. Bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. seketika itu juga para rasulpun penuh dengan Roh Kudus.

Kejadian ini menimbulkan keheranan bagi orang-orang yang melihat mereka, ada yang menganggap mereka mabuk. Namun rasul Petrus bangkit dan berkata kepada mereka, bahwa sejujurnya semua ini telah dinyatakan pada mereka semua melalui nabi Yoel dan Daud bahwa akan datang Mesias yang menyelamatkan dan mesias akan diserahkan dan Tuhan akan menurunkan Roh Kudus untuk menemani manusia.

Dengan penuh semangat Rasul Petrus menyerukan agar mereka semua bertobat. banyak orang yang memberi diri mereka untuk dibaptis dan semakin hari-semakin banyak. Setiap hari orang-orang percaya berkumpul dan saling menguatkan.

Refleksi:
Sungguh luar biasa ketika kita menyaksikan Tuhan menetapi janjiNya. Para murid-murid yang awalnya tidak mempunyai keberanian. Akhirnya dikuatkan dan berani memberikan kesaksian yang luar biasa, sehingga 3000 orang memberi diri untuk dibaptis. Tidak berhenti sampai di situ, merekapun menjadi orang-orang yang bertekun dan saling mempedulikan satu dengan yang lainnya.

Saya rindu hal ini terjadi dalam kehidupan kekristenan jaman sekarang. tidak ada lagi yang memandang perbedaan suku, strata, warna kulit, golongan dll untuk memisahkan kita. tetapi kita semua sesama orang percaya dapat bersekutu bersama-sama dan bersatu hati untuk KEMULIAAN TUHAN. Ketika orang-orang percaya bersatu, banyak jiwa yang belum bertemu Kristus dapat bertemu Kristus melalui kita semua. Amin.

Comments

Popular Posts