Artikel PANGGILAN SEBAGAI GEMBALA

PANGGILAN SEBAGAI GEMBALA
Dewasa ini banyak sekali bermunculan masalah-masalah yang dihadapi oleh para gemabala. Sehingga muncul tuntutan dari para jemaat, tuntutan tersebut adalah para jemaat menginginkan agar seorang gembala dapat mengerti keinginan mereka atau keinginan jemaat, para jemaat menuntut agar mereka dapat diperhatikan selalu bukan menjadi seorang gembala yang sibuk khotbah dimana-mana tetapi melupakan jemaat sendiri yang harus digembalakan.
Berikut ini akan dijabarkan mengenai Kriteria-kriteria pemilihan seorang gembala dan seterusnya penulis akan menjabarkan tentang Kriteria dari seorang gembala yang ideal.

KRITERIA PEMILIHAN GEMBALA
            Menjadi seorang gembala adalah seorang yang akan mengurusi urusan pastoral yaitu kehidupan dan setiap masalah yang dihadapi oleh para jemaat yang digembalakan, untuk itu dibutuhkan kriteria yang sesuai dengan kehendak Tuhan yang telah memilih gembala tersebut. Berikut adalah kriterianya:
  • Panggilan: hal yang utama bagi seorang gembala adalah panggilan, menjadi gembala harus terpanggil, bila tidak terpanggil maka pengembalaannya dapat berakhir dengan tragis.
  • Mempunyai hati sebagai gembala: seorang gembala harus ikut masuk dalam suka dan duka yang dilanda oleh jemaat. Bahkan saat kedua maslah itu datang seorang gembala harus dapat mendampingi jemaatnya
  • Hidup kudus ditengah angkatan yang bengkok: seorang gembala harus mempunyai kehidupan yang kudus agar dapat memberikan contoh yang baik bagi para jemaatnya.
  • Mempunyai karunia dari Tuhan yaitu karunia pengembalan serta karunia-karunia lainnya
  • Gabungan antara yang baik dan buruk: artinya disaat melakukan kesalahan bertobat maka Tuhan akan mengampuni. Contohnya Raja Daud yang memohon ampun pada Tuhan saat dia berzinah dengan Betsyeba.

KRITERIA GEMBALA YANG IDEAL
            Seorang gembala harus memiliki hal-hal berikut untuk menjadi gembala yang ideal:
·         Seorang gembala yang peduli, disaat jemaat sedang dalam kesusahan dia harus berusaha mendampinginya.
·         Memiliki rasa empati terhadap jemaatnya
·         Seorang gembala yang berani bertindak
·         Seorang gembala yang mendoakan setiap jemaatnya
·         Menjadi seorang gembala yang siap menghadapi setiap tantangan.
·         Memiliki jiwa yang optimis
·         Menjadi seorang motivator yang ulung bagi jemaatnya
·         Mendelegasikan tugas dan tanggung jawab pada orang-orang yang mampu
·         Mempunya kekuatan yang lebih dari setiap jemaatnya dalam menghadapi segala hal.
·         Seorang yang organisatoris dan misiatif
·         Menjadi seorang pengambil keputusan yang baik
·         Tidak mudah terpengaruh dari setiap prasangka-prasangka buruk
·         Seorang yang bertanggung jawab atas pelayanan dan tugas yang sedang diemban
·         Seorang yang memiliki hikmat
·         Seorang yang visioner, mempunyai visi serta gambaran mental yang telah diimpartasikan oleh Tuhan.
Setelah melihat kriteria-kriteria diatas, untuk menjadi seorang gembala bukanlah hal yang sangat mudah. Untuk itu seorang gembala harus mempunyai hubungan yang erat dengan Tuhan agar dimampukan untuk melakukan semua yang ada diatas.

KESIMPULAN
Menjadi seorang gembala bukanlah hal yang sangat mudah. Menjadi seorang gembala membutuhkan pemilihan dan panggilan dari Tuhan. Untuk itu sebagai seorang gembala yang telah dipilih dan telah dipanggil Tuhan, harus mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Tuhan. Hubungan yang erat dengan Tuhan membantu seorang gembala untuk dapat peka terhadap keadaan dari setiap jemaatnya. Apa yang dibutuhkan oleh setiap anggota pengurus dalam gerejanya.
            Seorang gembala juga bukan hanya memikirkan setiap kepentingan gereja saja, tetapi juga harus memperhatika keluarganya. Dengan begitu seorang gembala dapat menjadi contoh bagi jemaatnya karena hubungan rumah tangga yang harmonis.
Dalam tugas pengembalaannya seorang gembala juga harus mendelegasikan tugas-tugasnya kepad orang lain. Agar suatu saat sang gembala tidak diberada di sana lagi, ada orang lain yang dapat melanjutkan setiap rencana dan tugas yang ada.


Comments

Popular Posts