RENUNGAN HARIAN REKAN SEKERJA DALAM TUHAN

REKAN SEKERJA DALAM TUHAN
Mazmur 77:10-20


Bunda Teresa pernah mengatakan, “Aku dapat melakukan yang engkau tidak dapat lakukan, dan engkau dapat melakukan apa yang tidak dapat aku lakukan. Bersama-sama, kita dapat melakukan hal-hal yang luar biasa.”

Dalam renungan kemarin kita melihat bagaimana pemazmur yang begitu tertekan, berseru kepada TUHAN. Di bagian kedua dari Mazmur 77 ini, pemazmur mengingat perbuatan-perbuatan TUHAN yang dahsyat dan ajaib yang TUHAN pernah kerjakan di masa lampau (77:11-12).

Secara khusus pemazmur mengingat kembali perbuatan TUHAN yang melepaskan umat Israel dari perbudakan di Mesir. Dia berdoa: " Engkaulah Allah yang melakukan keajaiban; Engkau telah menyatakan kuasa-Mu di antara bangsa-bangsa . (77:15). Ketika merenungkan tentang Laut Merah yang terbelah dua (77:16-19), pemazmur menyimpulkan: “Engkau telah menuntun umat-Mu seperti kawanan domba dengan perantaraan Musa dan Harun .” (Psa 77:21)

Musa dan Harun adalah dua tokoh yang bekerja sama dengan indah dalam mengerjakan pekerjaan TUHAN yang ajaib. Kisah mereka adalah salah satu kisah indah dalam sejarah umat pilihan TUHAN.

Itu bisa terjadi karena mereka memberi diri mereka untuk melayani tujuan yang lebih besar daripada diri mereka sendiri. Mereka memandang kepada tujuan yang sama. Memang mereka bersaudara namun mereka mempunyai kemampuan dan peran yang berbeda. Musa berperan sebagai pemimpin, dan Harun bertanggung jawab untuk menyampaikan pesan (Keluaran 7:1-2), dan memimpin umat dalam penyembahan kepada TUHAN (Kel 28:1).

Di dalam pelayanan kita pun kita membutuhkan kerja sama yang seperti ini. Yesus juga mengutus murid-muridNya berdua-berdua. Pelayanan bisa mendatangkan rasa kesepian yang dalam. Melayani bersama seorang rekan atau lebih akan sangat membantu. Oleh karena itu, bangunlah pelayanan dengan prinsip bahwa kita selalu membutuhkan rekan yang lain.

Tuhan, biarlah kami memiliki rekan-rekan yang dapat bekerja sama melayani Engkau. Biarlah dalam kerja sama, pelayanan kami menjadi berkat bagi banyak orang

Comments

Popular Posts