Renungan Kristen HADIAH TUHAN YANG TIDAK PANTAS

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah (Efesus 2:8 TB)


Definisi kata "anugerah" menurut kamus adalah hadiah TUHAN kepada manusia yang tidak sepantasnya menerimanya. Kata "anugerah" (Bahasa Inggris= _Grace_) dipakai sebanyak 170 kali di Perjanjian Baru saja.

Anugerah bukan sesuatu yang bisa dibeli. Itu adalah hadiah cuma-cuma dari TUHAN yang maha kuasa kepada manusia yang membutuhkan. Yesus Kristus yang mati di kayu salib adalah hadiah cuma-cuma dari TUHAN, yaitu Kristus memulihkan hubungan manusia dengan TUHAN melalui dirinya.

Pujian ini menggambarkan hal itu dengan tepat, " _Amazing grace, how sweet the sound that saved a wretch like me. I once was lost, but now am found, was blind, but now I see._” (Ajaib benar anugerah, betapa manisnya berita keselamatan bagi seorang brengsek sepertiku. Aku dulu terhilang namun kini telah ditemukan, buta namun kini melihat.)

Manusia hidup dalam konsep bahwa untuk setiap kebaikan harus ada timbal baliknya, karena itu manusia susah memahami dengan sepenuhnya arti anugerah TUHAN ini. Akan tetapi ketika Roh Kudus menyatakan itu kepada kita, kita akan menerima kekayaan kebenaran illahi dalam segala kelimpahannya.

Anugerah TUHAN bukan isapan jempol. Ribuan orang telah mengujinya dan membuktikan bahwa itu lebih daripada sekedar sebuah kredo kosong, atau doktrin bodoh, ataupun teori kuno. Anugerah TUHAN teruji  dalam sejarah manusia, dan telah terbukti lebih dari cukup bagi masalah dan dosa manusia.

*DOA*
TUHAN, tolonglah aku agar hari ini aku hidup dalam kesadaran penuh akan anugerah-Mu. Biarlah dalam anugerah itu aku melayani-Mu.

Comments

Popular Posts