Bahan Komsel BEPRESTASI DI DUNIA KERJA

BEPRESTASI DI DUNIA KERJA
S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)
S2 – SUASANA
Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.
S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)
BACAAN: NEHEMIA 1:1-11
Yang bekerja hanya sekedar untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhan hidup tentu sudah banyak jumlahnya. Yang diperlukan sekarang adalah bagaimana kita sebagai orang percaya memiliki inovasi dan nilai lebih jika dibandingkan dengan pekerja-pekerja lainnya. Mari kita contoh Nehemia: yang di dalam melaksanakan tugasnya disertai dengan kesungguhan sehingga menghasilkan karya terbaik:

1. DIMULAI DENGAN KEPEDULIAN (ay. 4)
     Ia pada awalnya adalah seorang yang bekerja sebagai juru minuman raja (ay. 11). Sebuah posisi yang tidak terlalu tinggi. Tetapi ketika ia mendengar bahwa ada persoalan di dalam bangsanya, ia memiliki kepedulian terhadap hal tersebut. Ia duduk, menangis dan berkabung beberapa hari lamanya meratapi nasib bangsanya yang ada dalam keterpurukan. Orang yang “care” atau peduli dengan sesuatu biasanya akan punya niat yang kuat untuk bekerja sebaik mungkin. Apakah pekerjaan yang Anda lakukan sekarang sesuai dengan bidang kepedulian/minat Anda? Mengapa?

2. DISERTAI DENGAN MEMBANGUN KEROHANIAN (ay. 4b)
     Tak cukup meratapi nasib, Nehemia juga mengambil langkah yang praktis dengan membekali diri dengan kehidupan rohani yang baik. Dia memerlukan kuasa Tuhan untuk menyelesaikan pekerjaan berat yang ada di hadapannya, yaitu membangun kembali reruntuhan tembok Yerusalem. Tentu saja tugas berat karena tak sesuai dengan apa yang ia lakukan sebelumnya sebagai juru minuman raja. Dengan kehidupan rohani yang mantap, dia maju melaksanakan tugas. Ceritakanlah pengalaman Anda ketika menyertai pekerjaan Anda dengan doa-puasa! Bagaimana hasilnya?

3. DIAKHIRI DENGAN KEMENANGAN (6:15)
     Dengan berbagai rintangan dan pergumulan, akhirnya tembok Yerusalem dapat dibangun kembali. Pekerjaan Nehemia sebagai pemimpin dan koordinator berjalan sukses. Ini adalah sebuah prestasi yang ditorehkan seorang yang sederhana seperti dia. Waktu penyelesaian pun tergolong singkat yaitu dalam 50 hari. Ini adalah sebuah prestasi besar yang dihasilkan orang yang mau bergantung pada kuasa dari Allah yang Besar. Apa yang Anda pernah ukirkan sebagai prestasi kerja? Ceritakanlah!
S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)
Orang-orang luar biasa memulai semua yang dikerjakannya dengan sederhana, setia, ditambah pengurapan Tuhan. Kiranya hal ini juga menjadi bagian kita
Source: GBI-Bethel

Comments

Popular Posts