HAL BERDOA By Ps. Sammy Lapudooh M.Th.

HAL BERDOA By Ps. Sammy Lapudooh M.Th.
Matius 7:7-11
Yesus berfirman bahwa setiap orang yang meminta akan menerima, yang mencari akan mendapat, yang mengetuk pintu kepadanya akan dibukakan. Jika manusia yang jahat saja tahu memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya, apalagi Bapa di surga kepada anak-anak yang dikasihi-Nya? Akan tetapi sering terdengar orang Kristen yang bergumul bahkan mengeluhkan bahwa doa-doanya tidak dijawab oleh Tuhan. Di manakah letak masalahnya?

Alkitab mengatakan dengan tegas bahwa Tuhan mendengar dan menjawab doa-doa kita, bahkan disebut juga bahwa doa orang benar besar kuasanya (Yak 5:16). Oleh karena itu satu hal yang mungkin perlu kita renungkan sesungguhnya adalah apa yang kita pahami tentang doa?

Doa adalah berbicara dengan Allah, Bapa kita di surga. Memahami doa sebagai berbicara dengan Allah berarti memahami Allah Bapa sebagai suatu pribadi. Memahami Allah Bapa sebagai pribadi berarti memahami bahwa kita berada dalam hubungan dengan-Nya. Sikap kita terhadap setiap orang berbeda tergantung pada hubungan seperti apa yang kita miliki dengannya. Kita bisa berbicara terbuka, dari hati ke hati, tanpa ada yang disembunyikan, dengan seseorang yang dekat dengan kita dan yang kita percayai. Sebaliknya kita akan berbicara dengan formal, penuh basa-basi, dengan seseorang yang tidak punya hubungan pribadi dengan kita.

Bila kita memahami hubungan dengan Allah Bapa sebagai pribadi, maka kita perlu menyadari betapa pentingnya menjalin hubungan dengan-Nya. Kita berdoa kepada Allah Bapa bukan hanya ketika kita membutuhkan sesuatu dari-Nya. Kita berdoa kepada-Nya karena Dia adalah Bapa kita. Oleh karena itu, doa-doa kita bukan hanya akan berisi permohonan-permohonan tetapi merupakan ungkapan hati kita kepada-Nya. Selain itu, yang tidak perlu diabaikan juga adalah kita mendengarkan apa yang ingin dikatakan Bapa kepada kita. Bapa juga ingin berbicara kepada kita melalui firman-Nya. Orang yang tekun berdoa otomatis adalah orang yang juga tekun merenungkan firman Tuhan.


Di dalam bingkai hubungan kasih dengan Allah Bapa inilah doa-doa kita naikkan, dan, kita percaya, doa-doa kita didengar dan dijawab oleh-Nya.

Comments

Popular Posts