Bahan Komsel MENJADI TELADAN DALAM PEKERJAAN

MENJADI TELADAN DALAM PEKERJAAN
S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)
S2 – SUASANA
Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.
S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)
BACAAN: FILIPI 2:19-24
Pekerjaan, bagaimanapun, adalah sebuah ibadah yang kita lakukan untuk Tuhan. Bekerja dan ibadah memiliki akar kata yang sama, yaitu ‘avoda’ dalam Bahasa Ibrani. Karena itu pekerjaan yang kita lakukan tidak bisa secara asal-asalan diselesaikan. Pekerjaan terbaiklah yang seharusnya kita hasilkan sebagai persembahan bagi Tuhan. Mari kita teladani Timotius:

1.  PEKERJA YANG JUJUR DAN BERINTEGRITAS (ay. 19-20)
     Mengapa Timotius dapat dikatan sebagai seorang pekerja yang jujur dan berintegritas di dalam hidupnya? Paulus menyatakan bahwa ia akan segera mengirimnya untuk mengunjungi jemaat. Timotius adalah penerima kepercayaan itu. Paulus memastikan bahwa dia adalah tipe orang yang dapat dipercaya, sehati sepikir di dalam pekerjaan, sehingga kepercayaan mudah diberikan. Menurut Anda, hal-hal apakah yang kadang-kadang dapat menjadi tes kejujuran di dalam pekerjaan? Bisakah Anda menceritakan pengalaman Anda?

2.  PEKERJA YANG MEMIKIRKAN KEPENTINGAN ORANG LAIN (ay. 20b-21)
     Dewasa ini, mencari orang yang mementingkan diri sendiri terlalu mudah. Kondisi menghendaki orang-orang untuk menjadi egois dan mementingkan diri sendiri, tanpa memedulikan yang lain. Asal kebutuhan dan kepentingan pribadi terpenuhi, selesai sudah. Alkitab mengajarkan bahwa dalam pekerjaan Tuhan, kita harus saling memperhatikan kepentingan satu dengan yang lain. Hal inilah yang sudah dilakukan oleh Timotius di hadapan Paulus. Hambatan apakah yang membuat kita sulit memperhatikan kepentingan orang lain?

3.  PEKERJA YANG SETIA (ay. 22)
     Kesetiaan berarti kemampuan untuk bertahan dalam tanggung jawab yang diemban, meskipun banyak godaan dan tantangan dalam pekerjaan. Berubah setia selalu mudah jika kita hanya menuruti persoalan hawa nafsu. Tetapi Tuhan mencari orang-orang yang bertahan setia, sebagaimana Timotius memiliki kapasitas “kesetiaannya teruji” ini. Di dalam kesulitan dan tantangan apapun, berdirilah teguh untuk tetap memegang janji setia di dalam apa yang kita kerjakan bagi Tuhan. Apa yang paling membuat Anda tergoda untuk tidak setia? Bagaimana mengatasinya?
S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)
Berjanjilah di dalam kehidupan Anda untuk menjadi di dalam pekerjaan masing-masing sebagai pekerja yang jujur, mementingkan orang lain dan memiliki kesetiaan!
Source: GBI-Bethel

Comments

Popular Posts