Bahan Komsel BISNIS SESUAI ALKITAB

BISNIS SESUAI ALKITAB
S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)
S2 – SUASANA
Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.
S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)
BACAAN: 1 TIMOTIUS 6:8-21
Uang bukanlah masalahnya, tetapi sikap hati terhadapnyalah yang acap menimbulkan berbagai macam persoalan. Demikian halnya dalam bekerja, menjalankan usaha, memutar bisnis; sikap terhadap uang harus sesuai Alkitab agar apa yang dilakukan dapat menjadi berkat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Apa saja prinsip-prinsipnya?

1. MENGHINDARI CINTA UANG (ay. 10)
     Ada sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa “Uang adalah hamba yang baik, tetapi tuan yang jahat.” Jika uang diposisikan sebagai “tuan” yang menguasai, maka kehidupan akan hancur oleh sikap itu. Orang berlomba-lomba memburu uang dan mengabaikan kebenaran. Yang penting uang didapat, prosesnya bagaimana dan apakah mengorbankan orang lain atau tidak, tidak dipedulikan lagi. Uang seharusnya ditempatkan sebagai “hamba” atau “alat” bagi orang percaya. Bagaimanakah Anda menangkal penyakit cinta uang di dalam hidup Anda?

2. MENGEJAR HAL YANG BERKENAN (ay. 11)
     Dalam hal apapun yang kita kerjakan, hendaklah kita sebagai manusia Allah mengejar keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan. Usaha atau bisnis, ataupun pekerja apapun yang kita lakukan, kita dasari dengan nilai-nilai yang Alkitab ajarkan itu. Orientasi dari semuanya bukan melulu soal keuntungan materi, tetapi menjadikannya sebagai sebuah ibadah kepada Allah. Kesulitan apakah yang kita alami dalam mengejar prinsip-prinsip itu?

3. MENGANDALKAN TUHAN (ay. 17)
     Jika kelimpahan materi telah didapat, ada kecenderungan (meskipun tidak selalu/semua) untuk melupakan Tuhan. Ada orang memiliki tetapi tidak bisa menikmati. Jika orang percaya mengandalkan Tuhan, mereka mendapatkan pemebrian Tuhan dan sekaligus diberi karuni untuk menikmatinya. Berbaghagialah mereka yang mengandalkan Tuhan dan tidak mengandalkan kekuatan sendiri. Bagaimana Anda bisa menangkal godaan untuk mengandalkan diri sendiri?
S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)
Akhirilah pertemuan dengan saling mendoakan di dalam kelompok agar masing-masing anggota dipercaya dengan pekerjaan, bisnis atau usaha yang sesuai dengan kebenaran Allah!
Source: GBI-Bethel 

Comments

  1. iya, tapi jenis usaha yang harus dijalankan apa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenali potensi yg ada lalu renungkan sesuai dengan kehendak Tuhan dan rancangkanlah bersama dengan Dia. Karena semua usaha bila dilandasi 3 hal diatas pasti bisa di jalankan. Tuhan Yesus memberkati

      Delete

Post a Comment

Popular Posts