Renungan Harian: Rumah Tangga Kristiani

EFESUS
11. Rumah Tangga Kristiani

Efesus 5 : 22 – 33

Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya (5:33)

Orang Kristen masa kini mudah mengabaikan hubungan keluarga dan hubungan dengan sesama manusia di tempat mereka bekerja. Banyak yang telah menjadi sangat sibuk dalam kehidupan sehari-hari dan dengan pelayanan di gereja sehingga kita kurang memperhatikan keluarga, walaupun keluarga adalah bagian yang terdekat bagi kita.

Hal tersebut tidak sesuai dengan ajaran Alkitab. Alkitab mengajarkan dengan jelas mengenai tatanan dan kasih dalam rumah tangga. Hubungan suami dan isteri digambarkan seperti hubungan Kristus dan jemaat. Isteri tunduk kepada suami dengan segenap hati dan suami mengasihi isteri dengan segenap kekuatannya. Sama seperti Kristus menyerahkan dirinya untuk mati di kayu salib demi jemaat-Nya, demikian pula suami harus mengasihi isterinya.

Betapa ini rahasia yang besar, tulis Rasul Paulus. Banyak keluarga berantakan karena suami menuntut ketaatan dari sang isteri padahal dirinya tidak mau “mati” demi sang isteri. Atau juga sebaliknya, isteri menuntut “jiwa raga” suami, tanpa memberikan hormat dari hati yang tulus. Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya (5:33).


Ajar kami hari ini untuk saling mengasihi dan menghormati

Comments

Popular Posts