Devotion: Bukan Karena Manusia

 GALATIA

1. Bukan Karena Manusia


Galatia 1 : 1 – 5
Dari Paulus, seorang rasul, bukan karena manusia, juga bukan oleh seorang manusia, melainkan oleh Yesus Kristus dan Allah, Bapa, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati (1:1)

Surat Galatia yang ditujukan kepada jemaat Galatia, dilatarbelakangi keadaan iman jemaat yang dikacaukan oleh ajaran legalisme, yang menambahkan hukum Taurat sebagai pelengkap keselamatan. Kaum legalis menyusup di dalam jemaat dan menimbulkan kegoncangan iman dalam tubuh jemaat.

Dalam surat Galatia ini Paulus menggunakan wewenang yang telah diberikan kepadanya sebagai rasul Kristus Yesus, untuk menegaskan kembali Injil Kasih Karunia bahwa keselamatan hanyalah karena anugerah Allah di dalam Yesus Kristus. Namun mereka yang ingin menambahkan hukum Taurat dalam keselamatan orang percaya, menentang Paulus dengan mempertanyakan status kerasulannya yang menurut mereka berbeda dengan ke 12 rasul Yesus lainnya.

Kepada pihak-pihak yang meragukan wewenangnya sebagai rasul, Paulus menegaskan lagi kerasulannya, bahwa bukan manusia yang mengangkatnya melainkan oleh Yesus Kristus dan Allah Bapa sendiri. (Ingat pertemuan Paulus dengan Yesus dalam perjalanannya ke Damsyik – Kis 9:1-16). Paulus tidak goyah sedikit pun tentang siapa dirinya di hadapan Tuhan dan di depan jemaat Kristus.

Seringkali Iblis meniupkan kebohongan-kebohongan melalui orang-orang terdekat, atau orang-orang di sekitar kita, untuk menimbulkan keraguan dalam diri kita tentang panggilan Tuhan atas kita, atau atas posisi yang telah Tuhan percayakan kepada kita. Janganlah menjadi bimbang dan lemah. Bersikaplah seperti Paulus, yang tidak membiarkan Iblis mengintimidasi dirinya, melainkan tetap teguh percaya akan panggilan Tuhan atas dirinya.

Tuhan, aku bangga akan siapa diriku di hadapan-Mu

Comments

Popular Posts