Devotion: Percaya dan Taat

 2 TAWARIKH
36. Percaya dan Taat

2 Tawarikh 34:8-33
Segera sesudah raja mendengar perkataan Taurat itu, dikoyakkannyalah pakaiannya. (34:19)

Setelah menyucikan negerinya dari segala hal yang mendukakan Tuhan, Yosia berinisiatif untuk memperbaiki rumah Tuhan yang lama terbengkalai. Di tengah perbaikan rumah Tuhan, ditemukan kitab Taurat Musa yang lama hilang. Kitab itu pun dibawa kepada Yosia, sang Raja, dan dibacakan kepadanya. Ketika mendengar isi kitab Taurat, Yosia mengoyakkan pakaiannya – tanda kesedihan yang amat dalam – karena ia menyadari betapa besarnya dosa bangsanya dan betapa hebat murka Tuhan atas dosa-dosa tersebut. Setelah itu ia tidak berdiam diri, tetapi pergi mencari tahu petunjuk Tuhan atas semuanya itu melalui hamba-Nya.

Yosia memiliki hati yang begitu polos dan murni ketika mendengar firman Tuhan. Seketika dia sadar akan kesalahan dan dosa-dosa bangsanya, seperti seorang anak yang mendapat teguran dari orang tuanya. Dia segera memberikan respon atas firman Tuhan dan bukan sampai di situ saja, tetapi dia juga mengajak bangsanya bertobat dan mengikat kembali perjanjian untuk setia terhadap Tuhan saja.

Melalui sikap Yosia, kita juga seharusnya menyadari betapa pentingnya memiliki sikap hormat dan taat pada firman Tuhan. Itulah sikap yang sungguh-sungguh menyenangkan hati Tuhan. Tuhan menilai sikap Yosia ini di dalam 2 Raja-raja 23:25 Sebelum dia tidak ada raja seperti dia yang berbalik kepada TUHAN dengan segenap hatinya, dengan segenap jiwanya dan dengan segenap kekuatannya, sesuai dengan segala Taurat Musa; dan sesudah dia tidak ada bangkit lagi yang seperti dia.

Percaya dan taat, itulah yang diminta Tuhan dari kita


Comments

Popular Posts