Renungan Kristen Allah Yang Menyelamatkan Kita

 2 TAWARIKH
29.


Allah Yang Menyelamatkan Kita

By Ps. Sammy Lapudooh

2 Tawarikh 28:1-27
Ahas berumur dua puluh tahun pada waktu ia menjadi raja dan enam belas tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Ia tidak melakukan apa yang benar di mata TUHAN seperti Daud, bapa leluhurnya, tetapi ia hidup menurut kelakuan raja-raja Israel, bahkan ia membuat patung-patung tuangan untuk para Baal. (28:1-2)

Sejarah Kerajaan Yehuda mencatat bahwa Ahas adalah salah satu raja yang paling jahat. Ia hidup menurut kelakuan raja-raja Israel yang jahat. Selain membuat banyak berhala untuk disembah, Ahas juga memerintahkan rakyatnya untuk mempersembahkan anak-anak mereka sebagai korban bakaran. Pada zaman Raja Ahas ini Kerajaan Yehuda berada semakin jauh dari Allah dan semakin gelap, sehingga Allah menyerahkannya ke tangan raja orang Aram dan ke tangan kerajaan Utara.

Allah sangat sedih dan hancur hati-Nya karena umat-Nya selalu memberontak kepada-Nya dari zaman raja-raja setelah Daud, bahkan dalam pada zaman Ahas ini umat-Nya berada dalam keadaaan yang sangat gelap dan semakin tercerai-berai. Allah merindukan umat-Nya seperti saat dipimpin Daud dahulu, yang setia menyembah-Nya sehingga mereka diberkati dengan keamanan dan kejayaan. Allah tidak mau lagi menghajar mereka karena kefasikan, tetapi ingin memulihkan umat-Nya, mengumpulkan yang tercerai-berai dan membentuk suatu keluarga yang baru.

Allah ingin memulihkan umat-Nya dengan mengutus Nabi Yesaya kepada Ahas bahwa Allah akan membangkitkan Imanuel dari keturunan Daud, yaitu Yesus Kristus (Yesaya 7), untuk memulihkan dan menyelamatkan umat-Nya. Meskipun Ahas tidak bertobat dari perbuatannya Allah tetap melaksanakan janji-Nya, karena janji Imanuel berlaku untuk semua manusia di bumi.

Allah ini adalah Allah kita. Sesungguhnya Allah tidak suka menghukum anak-anak-Nya, tetapi justru ingin selalu memberkatinya. Sekalipun mereka berdosa Allah tidak menghendaki kebinasaan tetapi pertobatan. Ketika kita jatuh ke dalam dosa, Allah berjanji di dalam darah Yesus Kristus dosa-dosa kita akan diampuni jika kita bertobat.

Allah yang memulihkan dan menyelamatkan umat-Nya

Comments

Popular Posts