Devotion: Dengarlah Firman-Nya

 2 TAWARIKH
37. Dengarlah Firman-Nya


By Rev. Sammy Lapudooh

2 Tawarikh 35:20-27
Tetapi Yosia tidak berpaling dari padanya, melainkan menyamar untuk berperang melawan dia. Ia tidak mengindahkan kata-kata Nekho, yang merupakan pesan Allah, lalu berperang di lembah Megido. (35:22)


Di dalam firman hari ini, Yosia melakukan satu kesalahan kecil tetapi berdampak fatal sehingga mengakhiri hidupnya. Pada saat itu ia pergi memerangi Nekho, raja Mesir, yang sedang berperang di tepi sungai Efrat. Peperangan itu sebenarnya bukan perang yang melibatkan Yehuda. Tuhan mau menghindarkan Yosia dari perang tersebut karena memang ada tujuan Tuhan melalui perang itu. Karena itu melalui mulut Nekho, Tuhan memperingatkan Yosia agar tidak maju berperang. Tetapi Yosia tidak mengindahkan peringatan Tuhan itu. Akibatnya dia mati di tangan prajurit-prajurit  Nekho dalam perang itu.

Mengapa Yosia yang begitu taat dan setia kepada Tuhan tidak mengindahkan firman-Nya? Kemungkinan terbesar karena firman itu datang melalui mulut Nekho, seorang yang tidak mengenal Tuhan sehingga Yosia mengabaikannya. Namun sayangnya dia juga tidak berusaha mencari petunjuk Tuhan terlebih dulu.

Firman Tuhan dapat datang melalui siapa pun bahkan dari yang paling tidak mungkin sekalipun. Ia bisa berbicara melalui seorang anak, bahkan juga Ia pernah memakai mulut seekor keledai untuk menyampaikan firman-Nya (lih. Bilangan 22). Oleh karena itu sikap yang harus kita miliki adalah kerendahan hati sehingga bisa mendengar suara Tuhan yang datang kepada kita.

Berbicaralah Tuhan, hamba-Mu siap mendengar

Comments

Popular Posts