Devotion Berjaga-jaga

*1 PETRUS*
*12. Berjaga-jaga*
By Ps. Sammy Lapudooh M.Th.

*1 Petrus 5:7-11*
_Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. (5:8)_

Menutup renungan dari surat Petrus yang pertama ini, hari ini kita kembali merenungkan tentang berjaga-jaga. Kata berjaga-jaga ini adalah kata yang penting dalam perjalanan iman kita sebagai pengikut Kristus. Ada alasan mengapa demikian.

Alasan yang terutama kita perlu berjaga-jaga senantiasa adalah karena Yesus mengutus kita ke tengah dunia seperti anak domba di tengah-tengah serigala (Mat 10:16). Kita berada di daerah di mana ada kekuatan lain yang memusuhi dan mau menerkam kita. Musuh kita, atau serigala-serigala itu, adalah kekuatan iblis. Petrus malah menggambarkannya seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Oleh karena itu dalam perjalanan iman kita, kita tidak boleh bersantai dan lengah. Akan tetapi, kita juga tidak perlu takut. Singa yang mengaum-aum itu sesungguhnya sudah dikalahkan. Kita hanya perlu berjaga supaya tidak dikecoh oleh tipuan mautnya. Petrus menulis: _Lawanlah dia dengan iman yang teguh!.. Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu_ (5:9-10). Haleluya!

*Berjaga-jaga dengan tidak gentar!*

Comments

Popular Posts